Tips Persiapan Sebelum Berangkat Haji, Simak Baik-Baik!

Tips persiapan sebelum berangkat haji tahun 2023 yang wajib calon jamaah lakukan...
Tips Persiapan Berangkat Haji
GoBaitullah.com | Haji adalah ibadah tahunan umat Muslim yang dilakukan di Tanah Suci Mekah Al-Mukaramah. Ibadah haji membutuhkan banyak persiapan agar bisa terlaksana dengan baik dan maksimal. Persiapan apa saja yang harus dilakukan? Berikut ulasannya.

Tips Persiapan Sebelum Berangkat Haji 2023

a. Persiapan Rohani


1. Meluruskan Niat Hanya Kepada Allah
Maksud dari meluruskan niat adalah mengerjakan ibadah haji hanya mengharap ridho Allah semata bukan karna ada niat lain selain itu. Pentingnya niat dalam melakukan amal ibadah disebutkan dalam salah satu hadits Bukhori dan Muslim berikut ini, yang artinya.
"Sesungguhnya seluruh amal itu tergantung kepada niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai niatnya" (HR. Bukhori dan Muslim)
Itu artinya, jika pergi haji hanya ingin mengejar status di dunia, seperti ingin mendapat gelar Haji/Hj., ingin dipuji atau ingin dihormati di masyarakat, maka amalan hajinya menjadi sia-sia dan tidak diterima oleh Allah Swt.

Namun jika niat pergi haji hanya mengharap ridho Allah dan dikerjakan sesuai tata cara haji yang dicontohkan Rasulallah Saw. maka akan mendapat predikat haji mabrur, insya Allah. Sedangkan Haji mabrur tidak ada balasannya kecuali akan Allah masukan kedalam surga.

2. Bertaubat Dengan Taubatan Nasuha
Sebagai manusia biasa kita semua tidak pernah luput dari perbuatan dosa, maka dari itu sebelum berangkat haji hendaknya membersikan dosa-dosa tersebut dengan melakukan taubatan nasuha (sebenar-benarnya taubat). Taubat adalah perbuatan yang disukai Allah.

Allah ta’ala berfirman,

إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)
Memenuhi panggilan Allah dalam melaksanakan ibadah haji sudah seharusnya kita datang dalam keadaan suci (bertaubat) agar dapat meraih haji mabrur.

3. Mempelajari Tata Cara Manasik Haji
Selain meluruskan niat, sebelum berangkat ke tanah suci calon jamaah harus memperlajari tata cara manasik haji sesuai dengan syariat Islam.

Selain mengikuti manasik haji yang diwajibkan pemerintah RI dan PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) calon jamaah juga bisa mempelajari ilmu manasik haji secara mandiri melalui media online atau melalui buku manasik haji yang banyak tersedia di toko buku.

b. Persiapan Jasmani


1. Melakukan Medical Check Up
Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan calon jamaah sebelum keberangkatan haji yaitu melakukan Medical Check Up. Tujuan melakukan Medical check Up ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara menyeleuruh. Jika terdeteksi adanya gejala gangguan kesahat maka jamaah bisa langsung mengambil tidakkan untuk mengatasinya.

2. Menjaga Fisik Agar Tetap Prima
Sebelum berangkat haji, para jamaah diharuskan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima. Menghadapi cuaca yang sangat kering di negara Arab Saudi memerlukan kondisi kekuatan fisik yang prima agar mudah beradaptasi.

Agar kekuatan fisik tetap terjaga, ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu rutin melakukan olaraga ringan, mencukupi asupan gizi dalam tubuh dengan megkonsumsi makanan bergizi seimbang, kurangi begadang, tinggalkan kebiasaan merokok dll.

3. Membawa Obat-Obatan Khusus
Bagi jamaah penderita penyakit resiko tinggi (risti) wajib membawa obat-obatan khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing jamaah. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kondisi kesehatan selama di tanah suci tetap stabil.
Itulah tips persiapan sebelum berangkat haji dari GoBaitullah.com. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama