Dua Cara Mengecek Izin Travel Umroh (Update 2022)

Cara mengecek izin travel umroh | Maraknyanya kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum travel agen nakal dapat dijadikan pelajaran bagi para calon jamaah umroh agar lebih berhati-hati dalam memilih biro travel penyelenggara.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Salah satu bentuk dari kehati-hatian tersebut yaitu dengan melakukan pengecekan izin travel penyelenggara perjalanan umroh sebelum menggunkan jasanya.

Di era modern dengan kecanggihan teknologi yang makin berkembang seperti saat ini, mengecek izin travel umroh dapat dengan mudah dilakukan. Saking mudahnya bisa dilakukan dari rumah tanpa harus mendatangi kantor travel agen terkait. Nah, bagi Anda yang belum tahu berikut ini dua cara yang bisa dilakukan.

Dua Cara Mengecek Izin Tarvel Umroh

Pertama, Melalui Website Kemenag RI

Cara mengecek izin travel umroh yang pertama bisa dilakukan melalui laman resmi website Kementerian Agama Republik Indonesia =>> Klik: simpu.kemenag.go.id.

Cara Cek Izin Travel Umroh Memlalui Website Kemenag
Tampilan Website Kemenag [versi mobile]

Setelah laman websitenya terbuka langsung saja ketik Nama PPIU / Nomor SK / Alamat / Nama direktur pada kolom kata kunci pencarian (pilih salah satu) lalu klik tombol cari PPIU.

Tunggu proses pencariannya, apabila biro travel umroh yang bersangkutan resmi terdaftar di Kemenag RI maka akan muncul data-data seperti gambar dibawah ini.

cara-cek-izin-travel-umroh-alhijaz-indowisata


Namun jika data-datanya tidak muncul maka dapat dipastikan agent travel umroh yang bersangkutan tidak memiliki izin resmi sebagai biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dari Kementerian Agama. Hal ini perlu pertanyakan atau lebih baik hindari untuk meenggunakan jasanya.

Kedua, Melalui Aplikasi Umrah Cerdas

Selain melalui website resmi Kementerian Agama RI, mengecek izin travel umroh juga bisa dilakukan melalui aplikasi yang dikembangkan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah yaitu Aplikasi Umrah Cerdas.

Caranya silakan instal terlebih dahulu Aplikasi Umrah Cerdas ke smartphone Anda melalui Google Play Store (pengguna android) dan App Store (pengguna iPhone).

Cek-Izin-Travel-Umroh-di-Aplikasi-Umroh-Cerdas-Kemenag

Setelah Aplikasi Umrah Cerdas terinstal ke smart phone Anda, silakan buka dan klik menu PPIU untuk proses selanjutnya.

Cek-Izin-Umroh-di-Aplikasi-Umroh-Cerdas

Untuk mempermudah proses pencaraiannya silakan ketik nama travel atau nama PT pada kolom "Cari PPIU". Nah, jika travel umroh yang Anda cek sudah terdaftar resmi di Kemenag maka akan muncul data-datanya di aplikasi Umrah Cerdas ini.
Itulah dua cara mengecek izin travel umroh yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami (artikel: www.GoBaitullah.com)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama