Tips Persiapan Umroh Musim Dingin Demi Kelancaran Ibadah

tips-persipan-umroh-di-musim-dingingambar: eramuslim.com
GoBaitullah.com, Tips persiapan umroh di musim dingin sangat dibutuhkan calon jamaah yang mendapat jadwal keberangkatan akhir tahun. Saudi Arabia memiliki cuaca ekstrem, oleh karenanya calon jamaah harus memperhatikan cuaca.

Bahkan, ketika memasuki puncak musim dingin suhu di Saudi Arabia bisa menyentuh 12 derajat celcius. Kondisi ini tentu akan menjadi kendala utama bagi calon jamaah umroh yang tidak terbiasa dengan suhu dingin.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena dalam ulasan ini akan membahas beberapa tips persiapan umroh di musim dingin yang bisa Anda terapkan.

5 Tips Persiapan Umroh di Musim Dingin

Musim dingin merupakan cuaca yang patut diwaspadai oleh seluruh calon jamaah umroh Indonesia. Hal tersebut dikarenakan tidak biasanya merasakan suhu dingin apalagi sampai 12 derajat celcius.

Akan tetapi, demi melaksanakan panggilanNya Anda perlu beradaptasi bersama cuaca dingin. Bukan berarti menyerah, Anda bisa melakukan beberapa tips persiapan umroh di musim dingin berikut ini.

1.Melakukan Persiapan Fisik

Pastikan Anda melakukan olahraga dengan baik, bahkan sejak masih berada di Tanah Air. Meski hanya sekedar berjalan kaki santai, berlari di treadmill, atau melakukan olahraga ringan tentu akan membantu membangun fisik Anda.

Persiapan fisik berarti termasuk menjaga pola makan dan pola tidur. Santap makanan bergizi seimbang supaya badan tetap sehat, serta usahakan menjaga pola tidur supaya bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Perlu diingat, bahwa sebagian besar kegiatan umroh perlu mengeluarkan kegiatan fisik. Misalnya seperti saat melakukan tawaf, sa’I dan berjalan kaki dari penginapan (hotel) ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, yang tentu semuanya membutuhkan fisik yang prima.

2.Bawa Pakaian Tebal

Tips persiapan umroh di musim dingin selanjutnya tidak lain membawa pakaian hangat dan tebal. Pakaian berfungsi sebagai penutup aurat, namun ketika dalam cuaca dingin ekstrem pakaian bisa membantu menjaga kehangatan tubuh.

Pastikan Anda membawa jaket tebal, sweater, kaos kaki, syal, hoodie, penutup kepala, bahkan pelindung kuping untuk mengatasi cuaca dingin. Sebisa mungkin jaga tubuh Anda tetap hangat dengan pakaian tebal tersebut.

Bila masih terasa dingin, Anda bisa melapisi pakaian menggunakan pakaian tebal lain, supaya tidak kedinginan sampai hipotermia. Rajin-rajin mengonsumsi minuman serta makanan hangat guna menjaga kehangatan tubuh.

3.Rajin Menggunakan Pelembab Kulit

Perlu diketahui, suhu yang dingin bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Bila kulit mengering, maka rentan terkena iritasi bahkan tidak jarang ada yang sampai terkelupas dan infeksi.

Tips persiapan umroh di musim dingin selanjutnya adalah membawa pelembab dan rajin mengaplikasikannya setiap saat. Pelembab mampu melindungi kulit dari kekeringan, jadi oleskan untuk muka serta badan.

Pelembab yang dibawa bisa berupa pelembab muka, bibir dan badan. Ketiganya memiliki fungsi berbeda karena terbuat dari bahan berbeda. Jangan sampai salah mengaplikasikan pelembab supaya kulit tidak kering akibat cuaca.

4.Bawa Minyak Tubuh (Hot Oil)

Indonesia memiliki banyak hot oil produk lokal yang bisa menyesuaikan keinginan para calon jamaah. Jadi tips persiapan umroh di musim dingin selanjutnya adalah membawa merk hot oil sesuai keinginanan.

Setap merasa kedinginan, usapkan minyak tubuh tersebut ke area tertentu seperti telapak tangan, telapak kaki, hingga badan. Merk hot oil terkini dilengkapi parfum sehingga tidak akan mengganggu penciuman orang lain.

Hot oil bekerja efektif ketika suhu tubuh masih dalam kondisi setengah dingin. Ketika sudah merasa kedinginan sedikit saja, langsung balurkan hot oil secara keseluruhan supaya bisa melindungi tubuh dari kemungkinan hipotermia.

5.Cukupi Asupan Mineral Tubuh

Tips persiapan umroh di musim dingin terakhir adalah banyak minum air putih. Sama halnya ketika musim panas, ketika tubuh menghadapi musim dingin tetap membutuhkan asupan mineral cukup meski tidak merasa haus.

Udara ekstrem bisa menyebabkan penguapan air dari kulit karena sistem pernafasan bergerak lebih cepat. Kemudian secara aktivitas fisik pasti lebih banyak supaya tetap bisa menjaga suhu tubuh.

Di beberapa daerah, udara ekstrem selalu disertai kelembapan rendah sehingga kulit jadi kering. Agar seluruh organ bisa berfungsi dengan baik ditengah cuaca ekstrem, maka Anda perlu menjaga asupan mineral tubuh.

Udara dingin bukanlah pantangan untuk menunaikan ibadah umroh. Namun sebaiknya Anda tetap memahami serta mengikuti tips persiapan umroh di musim dingin di atas supaya ibadah umroh bisa berjalan lancar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama