5 Tips Memilih Travel Umroh Terpercaya Untuk Pemula

tips-memilih-travel-umroh-terpercaya1
Tips Memilih Travel Umroh Terpercaya | Memenuhi panggilan-Nya ke tanah suci Mekah, tentunya membutuhkan jasa travel umroh terpercaya untuk menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan, mulai dari booking tiket, hotel, apply visa, menyiapkan pembimbing ibadah (muthawif) hingga konsumsi selama berada di tanah suci.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Apabila sampai keliru dalam memilih travel umroh maka akan ada sejumlah resiko yang kemungkinan besar terjadi. Dinataranya yaitu, pengunduran jadwal hingga penggelapan dana yang telah disetor.

Nah, untuk menghindari resiko seperti itu, berikut tips yang bisa dijadikan pedoman saat melakukan pemilihan jasa travel umroh.

5 Tips Memilih Travel Umroh Terpercaya

Maraknya penipuan oleh oknum travel umroh nakal membuat masyarakat dituntut lebih jeli dan berhati-hati dalam memilih biro travel umroh. Pasalnya, jika sampai calon jamaah salah memilih, tentu akan mengalami kerugian yang tidak sedikit. Untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan terapkan 5 tips memilih travel umroh terpercaya berikut ini.

1.Pilih Agen Resmi Terdaftar di Kemenag

Dalam mendirikan usaha agen umroh, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Umumnya harus memiliki surat-surat izin seperti SIUP pariwisata, tanda daftar perusahaan, NPWP perusahaan, SK Kementerian, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara mengetahui agen tersebut mendapat izin resmi dari Kemenag? Anda bisa mengecek melalui situs resmi Kemenag yaitu simpu.kemenag.go.id.

Jika perusaah travel umroh yang akan dipilih terdaftar resmi maka informasi seperti nama direktur, nomor Izin, alamat kantor pusat dan alamat cabang (jika ada) akan calon jamaah dapatkan melalui website tersebut.

2.Memastikan Track Record Agen Travel

Tips memilih travel umroh terpercaya yang kedua yaitu bisa dengan cara mengecek rekam jejaknya. Bila perusahaannya travel penyelenggara umroh dinyatakan terpercaya maka sudah pasti memiliki rekam jejak yang bagus.

Cara mengecek rekam jejak biro travel umroh perhatikan kapan berdirinya. Semakin lama maka semakin sering dan rutin pula perusahaan tersebut memberangkatkan jamaahnya ke Baitullah. Apabila perusahaan travel umroh rutin memberangkatkan jamaah umroh artinya pelayanan yang dimiliki dapat dipercaya.

Agar lebih meyakinkan lagi jangan lupa untuk mengecek testimoni dari mantan pengguna biro travel umroh tersebut.

3.Kritis Dalam Menanyakan Program

Jangan mudah tergiur dengan penawaran program umroh murah meriah dari biro travel. Kalkulasikan kisaran harga tiket, hotel, makan, dan lainnya, namun jika tidak terbayang maka bandingkan dengan harga paket umrh milik perusahaan lain.

Banyak sekali kasus penipuan agen umroh karena mengabaikan tips memilih travel umroh terpercaya satu ini. bila Anda merasa harga yang ditawarkan tidak masuk akal, sebaiknya jangan pilih agen tersebut.

Untuk menghindari unsur penipuan pastikan program umroh murah yang ditawarkan sesuai standar yang ditetapkan Kemenag dan asosiasi persatuan travel umroh dan haji khusus.

4.Cek Fasilitasnya

Tips selanjutnya konfirmasi kembali fasilitas yang diberikan agen umroh. Tanyakan fasilitas mana yang sudah termasuk kedalam paket dan fasilitas mana yang belum termasuk.

Biro travel umroh biasanya memiliki banyak pilihan paket umroh, sebagian paket ada yang dikemas all iin (tidak ada biaya tambahan lagi). Namun untuk menghindari miskomunikasi baiknya konfirmasi kembali ke pihak penyelenggara.

Anda akan menyadari bahwa program memang akan sebanding dengan penawaran harga karena tidak termasuk beberapa fasilitas. Jadi sebaiknya perhatikan kembali programnya, pilih program umroh sesuai dengan kebutuhan Anda.

5.Cek Transaksi Pembayaran

Tips memilih travel umroh terpercaya selanjutnya adalah pastikan nomor rekening yang dipakai untuk transaksi atas nama perusahaan bukan atas nama perorangan atau pribadi.

Agen travel terpercaya pasti memiliki beberapa pilihan rekening atas nama perusahaan bukan atas nama perorangan. Bila sebuah agen memberikan rekening bukan atas nama perusahaan sebaiknya hindari dan jangan ambil risiko.

Itulah 5 tips memilih travel umroh terpercaya yang bisa diadikan pedoman. Semoga dengan menerapkan tips-tips diatas bisa terhindar dari praktik penipuan berkedok umroh murah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama